PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PRAPANCASMA N 2 BANTUL YOGYAKARTA
PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PRAPANCASMA N 2
BANTUL
YOGYAKARTA
LAPORAN TUGAS AKHIR
Diajukan Untuk Memenuhi
Salah Satu Syarat Kelulusan
Program Studi Ilmu
Perpustakaan D3 Fakultas Adab
dan Ilmu Budaya Universitas
Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta
oleh:
Galang Syiari ma’ruf
15130021
PROGRAM STUDI ILMU
PERPUSTAKAAN D3
FAKULTAS ADAB DAN ILMU
BUDAYA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2018
ABSTRAK
PROMOSI
PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN
PRAPANCA SMA N 2 BANTUL
YOGYAKARTA
Oleh :
Galang Syiari Ma’ruf
15130021
Perpustakaan
merupakan salah satu komponen pendukung dalam sebuah institusi akademik yang
berperan penting dalam penyediaan sumber-sumber informasi. namunPengguna
perpustakaan sering kali tidak bisa memanfaatkan informasi yang ada di
perpustakaan. Perpustakaan sekolah sering kali di anggap membosankan. Bahkan
staf dan guru pun jarang mengunjungi perpustakaan karena mereka berfikir
perpustakaan tidak menyediakan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Sehingga
pemanfaatan koleksi di perpustakaan kurang maksimal. Oleh karena itu pustakawan
harus pustakawan harus melakukan upaya untuk menarik perhatian penggunanya
salah satunya dengan promosi perpustakaan. Perpustakaan “PRAPANCA” adalah suatu
lembaga yang ada di SMA Negeri 2 Bantul dan mempunyai penting dalam upaya
mencerdaskan kehidupan bangsa, yang berupaya memberi kemudahan kepada pemustaka
untuk mengakses informasi tersebut, agar pemustaka mengetahui segala sesuatu
yang ada di perpustakaan, maka perpustakaan tersebut mengadakan promosi
perpustakaan. Perpustakaan prapanca melakukan kegiatan promosi dengan berbagai
media seperti poster, pamflet, video profil perpustakaan, presentasi, dan
kegiatan lomba literasi.
Kata kunci : Promosi
Perpustakaan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Pengguna perpustakaan sering kali tidak bisa memanfaatkan informasi yang
ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah sering kali di anggap membosankan.
Bahkan staf dan guru pun jarang mengunjungi perpustakaan karena mereka berfikir
perpustakaan tidak menyediakan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Sehingga
pemanfaatan koleksi di perpustakaan kurang maksimal. Oleh karena itu pustakawan
harus pustakawan harus melakukan upaya untuk menarik perhatian penggunanya
salah satunya dengan promosi perpustakaan.
Menurut Lasa Hs (2007:12) perpustakaan merupakan unit kerja yang
menghimpun, mengelola, dan menyajikan kekayaan intelektual, untuk kepentingan
pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan reaksi untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa. Berdasarkan pengertian tersebut, peran perpustakaan sekolah
adalah penunjang untuk kegiatan belajar mengajar, dan meningkatkan mutu, serta
kualias pendidikan. Dalam meningkatkan peran perpustakaan tersebut perlu adanya
kegiatan promosi perpustakaan. Kegiatan promosi perpustakaan ini memiliki peran
penting untuk menarik siswa aga terarik berkunjung ke perpustakaan. Tanpa
adanya promosi, peran perpustakaan tidak akan berjalan dengan baik.
Kunjungan
pemustaka ke perpustakaan dan tingkat
keterpakaian koleksi perpustakaan merupakan tolak ukur pemanfaatan dan
keberhasilan perpustakaan. oleh karena itu perpustakaan harus dapat menunjukan
tampilan menarik serta memberikan layanan yang ramah terhadap pemustaka.
Kegiatan promosi perpusakaan merupakan rangkaian upaya yang dirancang agar
warga sekolah mengetahui manfaat sebuah perpustakaan melalui koleksi,
fasilitas, dan layanan yang di sediakan.
Promosi yang baik yaitu promosi
yang di dalamnya terdapat maksud dan tujuan yang jelas. Begitu juga pada sebuah
perpustakaan. Promosi dalam perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan
media promosi atau pun secara langsung dari mulut ke mulut oleh pustakawan,
siswa, maupun guru dan staff di sekolah. Beberapa media yang dapat dimanfaatkan
oleh perpustakaan sebagai media promosi brosur, iklan, poster, dan lain-lain.
Selain media tersebut, promosi dapat dilakukan dengan melakukan
kegiatan-kegiatan yang menarik perhatian, baik dilakukan oleh guru, staf, dan
siswa yang berada dilingkungan sekolah.
Kegiatan promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan media tercetak
maupun tercetak. Perpustakaan “PRAPANCA” adalah suatu lembaga yang ada di SMA
Negeri 2 Bantul dan mempunyai penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan
bangsa, yang berupaya memberi kemudahan kepada pemustaka untuk mengakses
informasi tersebut, agar pemustaka mengetahui segala sesuatu yang ada di
perpustakaan, maka perpustakaan tersebut mengadakan promosi perpustakaan.
Perpustakaan prapanca melakukan kegiatan promosi dengan berbagai media seperti
poster, pamflet, video profil perpustakaan, presentasi, dan kegiatan” lomba
literasi.
Setelah melakukan promosi perpustakaan, jumlah pinjaman koleksi dan
jumlah pengunjung di perpustakan “PRAPANCA” meningkat. Merujuk dari hal
tersebut penulis ingin mengkaji lebih lanjut mengenai kegiatan promosi di perpustakaan
“PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul. Kegiatan tersebut memaparkan tentang kegiatan
promosi yang ada di perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul alat atau
sarana promosi, tujuan dan manfaat promosi serta kendala dari yang dihadapi
dalam kegiatan promosi di perpustakaan.
Komentar
Posting Komentar