PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PRAPANCASMA N 2 BANTUL YOGYAKARTA


PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN PRAPANCASMA N 2 BANTUL
YOGYAKARTA

LAPORAN TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan
Program Studi Ilmu Perpustakaan D3 Fakultas Adab
dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta


oleh:
Galang Syiari ma’ruf
15130021

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN D3
FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2018



ABSTRAK
PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN
PRAPANCA SMA N 2 BANTUL
YOGYAKARTA

Oleh :
Galang Syiari Ma’ruf
15130021

Perpustakaan merupakan salah satu komponen pendukung dalam sebuah institusi akademik yang berperan penting dalam penyediaan sumber-sumber informasi. namunPengguna perpustakaan sering kali tidak bisa memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah sering kali di anggap membosankan. Bahkan staf dan guru pun jarang mengunjungi perpustakaan karena mereka berfikir perpustakaan tidak menyediakan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Sehingga pemanfaatan koleksi di perpustakaan kurang maksimal. Oleh karena itu pustakawan harus pustakawan harus melakukan upaya untuk menarik perhatian penggunanya salah satunya dengan promosi perpustakaan. Perpustakaan “PRAPANCA” adalah suatu lembaga yang ada di SMA Negeri 2 Bantul dan mempunyai penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yang berupaya memberi kemudahan kepada pemustaka untuk mengakses informasi tersebut, agar pemustaka mengetahui segala sesuatu yang ada di perpustakaan, maka perpustakaan tersebut mengadakan promosi perpustakaan. Perpustakaan prapanca melakukan kegiatan promosi dengan berbagai media seperti poster, pamflet, video profil perpustakaan, presentasi, dan kegiatan lomba literasi.
Kata kunci : Promosi Perpustakaan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar belakang
Pengguna perpustakaan sering kali tidak bisa memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah sering kali di anggap membosankan. Bahkan staf dan guru pun jarang mengunjungi perpustakaan karena mereka berfikir perpustakaan tidak menyediakan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Sehingga pemanfaatan koleksi di perpustakaan kurang maksimal. Oleh karena itu pustakawan harus pustakawan harus melakukan upaya untuk menarik perhatian penggunanya salah satunya dengan promosi perpustakaan.
Menurut Lasa Hs (2007:12) perpustakaan merupakan unit kerja yang menghimpun, mengelola, dan menyajikan kekayaan intelektual, untuk kepentingan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan reaksi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan pengertian tersebut, peran perpustakaan sekolah adalah penunjang untuk kegiatan belajar mengajar, dan meningkatkan mutu, serta kualias pendidikan. Dalam meningkatkan peran perpustakaan tersebut perlu adanya kegiatan promosi perpustakaan. Kegiatan promosi perpustakaan ini memiliki peran penting untuk menarik siswa aga terarik berkunjung ke perpustakaan. Tanpa adanya promosi, peran perpustakaan tidak akan berjalan dengan baik.
Kunjungan pemustaka  ke perpustakaan dan tingkat keterpakaian koleksi perpustakaan merupakan tolak ukur pemanfaatan dan keberhasilan perpustakaan. oleh karena itu perpustakaan harus dapat menunjukan tampilan menarik serta memberikan layanan yang ramah terhadap pemustaka. Kegiatan promosi perpusakaan merupakan rangkaian upaya yang dirancang agar warga sekolah mengetahui manfaat sebuah perpustakaan melalui koleksi, fasilitas, dan layanan yang di sediakan.
Promosi yang baik yaitu promosi yang di dalamnya terdapat maksud dan tujuan yang jelas. Begitu juga pada sebuah perpustakaan. Promosi dalam perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan media promosi atau pun secara langsung dari mulut ke mulut oleh pustakawan, siswa, maupun guru dan staff di sekolah. Beberapa media yang dapat dimanfaatkan oleh perpustakaan sebagai media promosi brosur, iklan, poster, dan lain-lain. Selain media tersebut, promosi dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik perhatian, baik dilakukan oleh guru, staf, dan siswa yang berada dilingkungan sekolah.
Kegiatan promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan media tercetak maupun tercetak. Perpustakaan “PRAPANCA” adalah suatu lembaga yang ada di SMA Negeri 2 Bantul dan mempunyai penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yang berupaya memberi kemudahan kepada pemustaka untuk mengakses informasi tersebut, agar pemustaka mengetahui segala sesuatu yang ada di perpustakaan, maka perpustakaan tersebut mengadakan promosi perpustakaan. Perpustakaan prapanca melakukan kegiatan promosi dengan berbagai media seperti poster, pamflet, video profil perpustakaan, presentasi, dan kegiatan” lomba literasi.
Setelah melakukan promosi perpustakaan, jumlah pinjaman koleksi dan jumlah pengunjung di perpustakan “PRAPANCA” meningkat. Merujuk dari hal tersebut penulis ingin mengkaji lebih lanjut mengenai kegiatan promosi di perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul. Kegiatan tersebut memaparkan tentang kegiatan promosi yang ada di perpustakaan “PRAPANCA” SMA Negeri 2 Bantul alat atau sarana promosi, tujuan dan manfaat promosi serta kendala dari yang dihadapi dalam kegiatan promosi di perpustakaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

filologi dikawasan asia khususnya india dan nusantara